Kamis, 17 November 2011

Foto: Iklan Kontroversial Benetton, Tokoh Dunia Berciuman

Kampanye iklan Benetton terbaru memang bikin geleng-geleng kepala. Dengan berani, perusahaan fashion asal Italia itu menggambarkan sejumlah tokoh pemimpin dunia berciuman. Termasuk pemimpin agama Katolik. Iklan ini menimbulkan kontroversi, pasti.
Iklan Benetton yang Menggemparkan, Tokoh Dunia Berciuman



Tapi Executive Deputy Chairman of Benetton Group, Alessandro Benetton, buru-buru mengatakan niat iklan mereka adalah baik.

"Maksud iklan kami adalah mengkontraskan budaya kebencian dan mempromosikan keintiman antarmanusia, agama, dan budaya serta perdamaian antarsesama motivasi manusia," demikian Benetton dalam siaran persnya.

Untuk itu, Benetton mengambil tema sentral 'cium'. Menurut mereka, 'cium' adalah simbol universal untuk kasih sayang dan cinta. Terutama di dunia politik dan agama yang beberapa waktu belakangan terus memanas.

Kampanye iklan yang mereka beri nama UNHATE ini diluncurkan perdana di Paris. "Kami sangat berharap lewat kampanye iklan ini, bisa memperlihatkan bagaimana seharusnya toleransi yang ideal itu. Kami mengundang warga dari seluruh negara untuk merefleksikan seperti apa kebencian mereka, ketakutan akan orang lain yang tak mereka kenal," kata Alessandro.

"Kampanye iklan ini berlangsung universal. Kami menggunakan media itnernet, sosial media, dan imajenasi artistik. Kami menunggu aksi dari Anda, warga dunia," sambung dia.

Namun persepsi orang tentu berbeda. Seperti yang diperlihatkan Vatican terkait iklan yang menggambarkan Paus Benedict XVII berciuman. Vatikan protes keras. Dan Benetton mencabut edisi iklan tersebut.

Foto-foto Iklan Benetton Tokoh dunia saling berciuman:
  Iklan kontroversial Benetton. Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel. Iklan ini menggambarkan hubungan dua negara kuat Eropa terkait krisis ekonomi Eropa. (Benetton)

Iklan Benetton Presiden AS Barack Obama berciuman dengan Presiden Venezuela Hugo Chavez. Iklan ini hendak menggambarkan seharusnya hubungan AS-Venezuela yang selalu tegang, bisa mesra. (Benetton)

 Iklan kontroversial Benetton edisi Presiden Korsel Lee Myung-bak dengan Pemimpin Korut Kim Jong-il. Iklan ini berharap agar hubungan dua negara saudara itu bisa akrab dan mesra. (Benetton)

 Iklan kontroversial Benetton edisi Presiden Palestina Mahmoud Abbas berciuman dengan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu. Iklan ini hendak menyindir panasnya hubungan Palestina-Israel. (Benetton)

Iklan kontroversial Benetton. Presiden Obama dan Presiden Cina Hu Jiantao. Iklan ini menggambarkan 'ketegangan' ekonomi antara AS dan Cina. (Benetton)

Sumber:  republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys
Blogger Templates brought to you by AllBlogTools.com