Selasa, 01 Desember 2009

REALISTIC FIRE


Hai…
Lama skali saya tak nongol buat ngirim tutor Photoshop….
Hehe.. Maap smuanya… Itu dikarenakan kapan saya sibuk ujian dan liburan.. Hehe..
Sekarang juga masih libur sih.. Baru lulus SMA n skarang masuk Univ. Bina Nusantara di Jakarta jurusan DKV (Design Komunikasi Visual).. (grafis2 juga c..). Sebetulnya banyak yang bisa dibagikan tapi slama ini belum sempat…

Dalam manipulasi foto, mungkin anda pernah ingin membuat api, tapi bingung, gimana ya biar realistis? Nah, itu isi tutorial ini.. Langsung aja y :

Langkah - langkahnya:

1. Buat file baru.. Ukuran terserah contoh :

Jika sudah muncul bidang/canvasnya, tekan D, lalu Alt+Del.. Maka canvas akan terisi warna hitam..

2. Pilih Brush Tool (atau tekan B) , lalu pilih brush berbentuk bulat, ukuran terserah saja, gunakan warna putih… Buat layer baru, lalu brush sesuai selera.. Untuk contoh saya hanya membuat seperti ini :


3. Jika sudah, mari kita “bermain2” dengan smudge tool..!! ^^ () Jika icon ini tidak terlihat, anda bisa klik kanan di icon berbentuk tetesan air atau segitiga agar muncul pilihannya.. =p :


4. Mulailah bermain! Pilih ukuran yang lebih kecil dari brush tadi, strength 70%, dan mulailah membuat bentuk api…. (strength sebetulnya bebas., semakin kuat, semakin jauh daya tariknya).

*Tips : tentu sangat merepotkan mengubah ukuran brush dari tempat mengatur ukuran, karena itu akan lebih mudah jika ada tombol shortcut. Memang ada, anda cukup menekan ‘[‘ untuk mengecilkan dan ‘]’ untuk membesarkan.. Ubah2 juga ukuran strength untuk menghasilkan bentuk yang realistis. Contoh hasil :


5. Masalah terakhir tinggal warnanya kan?! Tekan Ctrl+U (atau Image>Adjustments>Hue/Saturation). Contoh setting seperti ini (colorize harus dicentang ya) :

maka hasilnya :


Ubah mode layer yang ini dari normal jadi linear dodge..

6. Tekan Ctrl+J untuk menggandakan layer ini. Susunan layer akan jadi seperti ini :

Ubah mode layer hasil gandaan tadi jadi Color dodge

7. Jika anda ingin lebih bagus, atur lagi saja brightness dan contrastnya (Image>Adjustments>Brightness/Contrast) pada kedua layer api. Contoh hasil akhir :

* Teknik ini sangat berguna dalam manipulasi foto, bukan hanya untuk membuat api, tapi juga yang lain. Warnanya pun tidak harus seperti ini, tergantung langkah Colorize tadi. Contoh manip foto yang menggunakan teknik ini :

(gambar ini dari gallery saya di deviantart, sebetulnya agak kurang rapi, hehe)
Sekian dulu tutorial kali ini, semoga bermanfaat..Lucky
Visit my gallery :
http://puchee-pixeladdict.deviantart.com/

Selamat Belajar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys
Blogger Templates brought to you by AllBlogTools.com