Kamis, 30 Juli 2009

Bekerja Dari Rumah

Umumnya orang yang bekerja telah memiliki penghasilan yang cukup baik, tapi di sisi lain mereka tidak memiliki cukup waktu dengan keluarga, anak-anak dan orang yang mereka cintai.
Sementara itu, untuk beberapa orang, sebagian dari mereka tidak bekerja dan beberapa diantaranya sedang mencari suatu penghasilan tambahan yang memungkinkan mereka keluar dari masalah finansial mereka. Beberapa menginginkan kebebasan waktu dan kebebasan finansial dan memulai bekerja dari rumah.
Bekerja dari rumah berarti melakukan semuanya dari rumah. Tidak ada lagi gedung atau ruangan kantor yang menyatukan para pegawainya. Komunikasi antar personal dilakukan melalui Yahoo Messenger Conference, sebuah web untuk memantau perkembangan project dan sedikit melalui email.
Keuntungan bekerja dari rumah antara lain :
• Tidak harus bangun pagi
Biasanya kita harus berangkat dari rumah jam 0700-07.15 WIB. Dengan bekerja di rumah kita bisa mengatur jadwal sendiri, misalnya jam 09.00 WIB, kemudian menyalakan komputer dan menghubungkan diri dengan dunia maya untuk segera absen di Yahoo Messenger Conference dengan rekan-rekan lainnya.
• Bebas dari stress di jalan
Tidak lagi harus menghadapi kemacetan dan emosi selama dalam perjalanan ke kantor.
• Lebih banyak waktu untuk keluarga
Tidak ada lagi waktu tempuh antara rumah dengan kantor. Semua ke di rumah, ada di depan kita.
Di awal-awal kerja di rumah, mungkin akan susah membedakan antara waktu kerja dan istirahat. Setiap hari seperti hari libur. Mungkin karena pola pikir yang sudah terbentuk setelah sekian lama menjadi pekerja kantoran, kalau ada di rumah berarti waktunya untuk beristirahat. Ngemil sana-sini, nungguin semua tukang jajanan yang lewat, rebahan sambil nonton infotainment - pokoknya feels like home banget.
Tidak ada supervisi atau pengawasan langsung yang biasanya didapatkan ketika bekerja di kantor juga membuat waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk bekerja menjadi berkurang. Di rumah, tidak ada lagi yang membuat kita sungkan untuk melakukan sesuatu yang kita mau. Browsing ngalor-ngidul, bolak-balik ngeliat status YM teman, chatting ora karuan, blog-walking tanpa tujuan dan cek email + RSS setiap 3 menit. Tanpa disadari, waktu kerja banyak habis terbuang untuk beberapa kegiatan di atas.
Untuk bisa bekerja dari rumah dengan profesional, beberapa hal yang harus dilakukan antara lain :
o Siapkan Ruang Kerja Yang Nyaman ; walaupun hanya digunakan untuk melihat BON tagihan dan pembelian serta menuliskan di Buku Anggaran Rumah Tangga. Anda WAJIB mempunyai ruang kerja . Anda dapat menciptakan ruang kerja di kamar tidur, di sudut ruang keluarga dan di kamar tersendiri. Jika perlu, gunakan ruang terpisah di rumah sebagai ruang kerja. Jika satu ruangan dirasa terlalu besar untuk ruangan kerja Anda, dapat digunakan meletakkan barang-barang yang berkaitan dengan pekerjaan atau sebagai ruang membaca. Karena buku-buku bisa juga diperlukan untuk menambah pengetahuan. Yang paling penting, batasi ruang kerja dengan ruang-ruang lain di rumah agar tidak mengganggu satu sama lain. Dengan memiliki ruang bekerja, segala perlengkapan seperti alat tulis, buku, alat penghitung, ada di satu tempat, sehingga tidak repot jika Anda membutuhkannya suatu saat. Lengkapi juga ruangan kerja dengan lampu meja, pesawat telepon, agar semua pekerjaan dapat berjalan dengan mudah. Perlengkapan lain yang harus tersedia antara lain meja kerja, kursi, tempat menyimpan file, dan pernak-pernik lain. Agar kerja lebih nyaman, lengkapi dengan perangkat elektronik seperti radio, tape, CD, dan komputer. Kalau perlu, tambah dengan rak buku untuk menyimpan buku-buku favorit Anda.
o Atur Waktu Bekerja ; Mengatur waktu yang efisien setiap hari adalah kunci utama bekerja di rumah. Anda harus pintar membagi waktu antara mengurus pekerjaan dan mengurus anak-anak. Tempat atau ruang kerja harus bisa disesuaikan dengan aktivitas anak-anak di rumah. Misalnya, jika Anda ingin bekerja dekat dengan tempat bermain anak, Anda bisa memosisikan ruang kerja di ruang bermain mereka, sehingga Anda bisa bekerja sekaligus menjaga mereka. Ketika anak-anak tidur siang, Anda bisa langsung menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif. Selain mengatur waktu, bekerja secara seefisien juga mutlak. Jika anak-anak butuh perhatian, tunda dulu pekerjaan. Ketika mereka sudah tenang dan dapat bermain, lanjutkan dan selesaikan pekerjaan. Tidak ada waktu yang tepat untuk menentukan berapa lama menyelesaikan pekerjaan di rumah, namun bekerja di sisi anak setiap hari bisa jadi akan sangat menyenangkan, bukan?
o Komitmen pada keberhasilan (Bagaimana Agar Berhasil?) ; Walaupun Bekerja di rumah memiliki banyak keuntungan. Misalnya, tak terikat jam kerja, tak harus kesal karena terjebak macet setiap hari, jam kerja dapat diatur sendiri. Target kerja pun dapat ditentukan sendiri, tanpa berpatokan pada jam kerja. Namun, kendala pasti akan tetap ada, salah satunya sulitnya memisahkan urusan rumah dan urusan pekerjaan. Beberapa hal lain yang juga patut diperhatikan antara lain:
 Terorganisir Semua berawal dari pengaturan-pengaturan yang tepat. Gunakan ruang kerja sebagai tempat yang bermanfaat untuk berkarya. Letakkan lemari dengan banyak laci untuk meletakkan barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan. Seperti alat tulis serta dokumen-dokumen penting.
 Bekerjalah dalam suasana yang tenang ; Ketika Anda kerja, usahakan suasana sekitar nyaman dan aman dari gangguan. Kecuali jika Anda memang ingin sekaligus mengawasi anak-anak yang sedang bermain. Saat anak-anak pergi sekolah, misalnya, dapat Anda gunakan waktu bekerja dalam suasana yang tenang. Tutup pintu ruang kerja agar terhindar dari gangguan-gangguan. Beritahu anggota keluarga jam kerja Anda di rumah, sehingga mereka mengerti dan tidak mengganggu waktu kerja Anda. Jika ruang kerja adalah bagian dari ruangan yang besar, usahakan suasana sekitar tenang sehingga Anda bisa berkonsentrasi.
 Privasi total ; Jika Anda ingin memiliki privasi total, buatlah ruang kerja yang terpisah dari rumah utama dan kunci pintu saat bekerja.
 "Jangan ganggu saya!"Anda bisa menggantung tulisan tersebut di pintu kerja jika Anda benar-benar sedang bekerja serius dan tidak ingin diganggu.
o Mulai dengan Perencanaan ; Perencanaan sangat penting untuk menjalankan bisnis di rumah. Mulailah dengan langkah awal, yaitu menentukan nama usaha, alamat, nomor telepon, alamat e-mail. Akan lebih baik jika Anda melengkapinya dengan website, agar profil usaha Anda dapat dipromosikan ke khalayak lebih luas. Selanjutnya, mulailah dengan mendeskripsikan jenis usaha Anda. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara menjalankan pekerjaan di rumah, meliputi cara pemasaran, promosi, serta pengelolaan. Kemudian tentukan tujuan usaha, khususnya tujuan jangka panjang, apakah akan terus dipasarkan lebih luas atau sekadar mengisi waktu luang saja. Jika dalam perkembangannya usaha ini menghasilkan keuntungan, mulailah berpikir memperluas usaha, diawali dengan merekrut beberapa karyawan untuk membantu pekerjaan Anda. Siapa tahu bisnis ini akan terus dikenal, dan lama-kelamaan dapat dipasarkan lebih luas lagi.
o Tetap Menjadi IBU RUMAH TANGGA ; Bekerja di rumah memang penuh tantangan, sekaligus memberikan banyak waktu bertemu dengan keluarga, khususnya anak-anak. Namun, semua harus diatur dengan baik. Jangan sampai pekerjaan terganggu akibat teriakan-teriakan anak, atau ketika Anda ingin mencari informasi di internet, Anda harus tenganggu ulah si kecil yang asyik main game di komputer. emang, kondisi ini menjadi dilema, namun jalan keluar selalu ada. Simak tips-tips berikut:
 Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bekerja di waktu tidur siang anak-anak.
 Jika harus memangku anak saat Anda bekerja di depan komputer, berilah anak mainan atau botol susu sehingga ia sibuk dengan aktivitasnya sendiri.
 Sediakan mainan dan buku-buku anak, baik buku cerita maupun buku mewarnai di ruang kerja Anda, sehingga anak akan teralihkan perhatiannya ke barang-barang tersebut dan pekerjaan Anda tidak
terganggu.
 Sediakan sedikit ruang untuk anak sebagai tempatnya bermain atau mewarnai buku, sehingga ia bisa sibuk dengan aktivitasnya, Anda pun tidak terganggu sekaligus bisa mengawasi anak.
 Sediakan makanan dan minuman ringan kesukaan anak-anak di tempat yang terjangkau, sehingga mereka dapat mengambil sendiri makanan atau minuman yang mereka inginkan tanpa harus mengganggu Anda.
 Akan lebih baik jika Anda meletakkan meja kerja di dekat jendela, sehingga tetap dapat mengawasi anak-anak Anda ketika mereka sedang bermain di halaman.
 Jika punya waktu luang, lakukan aktivitas bersama anak-anak sehingga mereka tidak bosan di rumah terus, misalnya jalan-jalan, bersepeda, dan kegiatan lain.
(nittaprasetya.multiply.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys
Blogger Templates brought to you by AllBlogTools.com